Rabu, 19 Mei 2010

MITOKONDRIA SEL

Mitokondria adalah tempat di mana fungsi respirasi pada makhluk hidup berlangsung. Respirasi merupakan proses perombakan atau katabolisme untuk menghasilkan energi atau tenaga bagi berlangsungnya proses hidup. Dengan demikian, mitokondria adalah "pembangkit tenaga" bagi sel. garis besar, tahap respirasi pada tumbuhan dan hewan melewati jalur yang sama, yang dikenal sebagai daur atau siklus krebs.
mitokondria
Mitokondria memiliki dua lapis membran. Membran luar membatasi bagian dalam dengan matriks sel. Membran dalam berlekuk-lekuk. Proses respirasi terjadi di dalam membran dalam.
DNA MITOKONDRIA
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (Ing. mitochondrial DNA). MtDNA berpilin ganda, sirkular, dan tidak terlindungi membran (prokariotik). Karena memiliki ciri seperti DNA bakteri, berkembang teori yang cukup luas dianut, yang menyatakan bahwa mitokondria dulunya merupakan makhluk hidup independen yang kemudian barsimbiosis dengan organisme eukariotik.
Gambaran Umum Mitokondria
  1. organel bermembran rangkap
  2. fungsi tempat terjadinya respirasi seluler yang menghasilkan ATP
  3. bentuk bermacam macam
  4. bersifat plastis ( bentuk mudah beubah )
  5. terdiri dari : membrane luar berfungsi sbagai pembatas antara bagian dalam mitkondria dan sitoplasma . membrane dalam berfungsi melangsun gkan rantai respirasi, menghasilkan ATP.
  6. membrane dsalam berlekuk lekuk yang disebut matriks
  7. Krista berfungsi memperluas permukaan, mengandungf molekul penting untuk sintesis ATP
  8. matriks : berfungsi oksidasi asam lemak dan katabolisme asetil koenzim, mengandung enzim untuk respirasi, ion-ion, ribosom dan DNA mitikondria
  9. DNA mitokondria menyediakan gen-gen untuk diekspresikan menjadi protein membrane dalan yang berguna untuk rantai respirasi.
  10. reaksi respirasi yang terjadi dalam mitokondria adalah reaksi dekarboksilasi oksidatif, daur kerb dan transfor electron.

0 komentar:

Posting Komentar

ranking blog

SALJU

Ricent Coment

map

MySpace Tracker
Go to MixMap.com to get your own MySpace Tracker